Minggu, 30 Mei 2010

MEREKA YANG MASUK NERAKA






SIAPA YANG DILARANG NAIK KE SORGA YAITU MEREKA YANG MASUK NERAKA ?

Penjelasan Alkitab tentang mereka yang masuk neraka atau mereka dilarang masuk sorga, diutarakan dalam beberapa ayat dibawah ini:




Tentang penghakiman terakhir diutarakan dalam Matius 25: 41-46Dan Ia akan berkata kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang yang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya…Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal.”

Gambar: 10 Gambar sorga diatas lingkaran dan gambar neraka dengan api dibawahnya.

Dalam perjalanan Yesus ke Yerusalem…Lukas 13: 27Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan.”




Gambar 11: Gambaraan seorang yang menolak Yesus, yang menderita di api neraka.
http://www.apuritans.mind.com/images/
1 Korintus 6: 9-10 “Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah ? Janganlah sesat ! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah.”





Galatia 5: 19-21 “Perbuatan daging telah nyata yaitu percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu—seperti yang telah kubuat dahulu—bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.”



Gambar 12: Gambar mereka yang menghuni neraka.


Wahyu 21: 8 “Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua.”

Rabu, 26 Mei 2010

SORGA DAN ORANG YANG BOLEH NAIK KE SORGA

SORGA DAN ORANG YANG BOLEH NAIK KE SORGA

Penjelasan Sorga menurut Alkitab Perjanjian Lama, sorga adalah tempat kediaman Allah [Heaven is the God’s dwelling-place]







Gambar 3: Gambaran sorga dan dunia.










1 Raja-raja 8: 30 “Dan dengarkanlah permohonan hamba-Mu dan umat-Mu Israel yang mereka panjatkan di tempat ini; bahwa Engkau juga yang mendengarnya di tempat kediaman-Mu di sorga; dan apabila Engkau mendengarnya, maka Engkau akan mengampuni.”
Mazmur 2: 4Dia, yang bersemayam di sorga tertawa; Tuhan mengolok-olok mereka [Raja-raja dunia yang melawan Tuhan]. “
Mazmur 115: 3 “Allah kita di sorga; Ia melakukan apa yang dikehendakinya.”
Yesaya 66: 1 “Beginilah firman Tuhan: Langit adalah takhta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku.”

Penjelasan Alkitab Perjanjian Baru tentang sorga:
Matius 6: 9-10
“Karena itu berdoalah demikian: Bapak kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaanmu-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.”

Gambar 4: Gambaran Yesus dan sorga menurut BibleHeaven.




Ibrani 8: 1 “Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: Kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga.”
Wahyu 4: 2 “Segera aku dikuasai oleh Roh dan lihatlah, sebuah takhta terdiri di sorga, dan di takhta itu duduk Seorang..”

SIAPA YANG BOLEH NAIK KE SORGA DAN SIAPA YANG DILARANG NAIK KE SORGA ?

SIAPA YANG BOLEH NAIK KE SORGA ?

Penjelasan Alkitab yang boleh naik ke sorga adalah sebagai berikut:





Yohanes 14: 6 "Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."
Yohanes 11: 25 "Jawab Yesus: Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.

Gambar 5: Yesus adalah jalan kepada Bapa di sorga.


http://i108.photobucket.com/albums/



Matius 5: 3Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya kerajaan sorga.”





Tentang penghakiman terakhir dalam Matius 25: 33-34, 40 “ Dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya. Dan Raja itu akan berkata, kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan…Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.”



Gambar 6: Gambaran simbolis mereka yang naik ke sorga dan mereka yang turun masuk ke neraka. Jalan naik ke sorga dengan: kesetiaan kepada Tuhan [loyalty], percaya [trust], asli atau benar [authenticity], dapat dipercaya [credibility], ketetapan hati [consistency], hubungan baik sesama manusia [positive interactions]. Jalan turun ke neraka jika tidak setia kepada Tuhan [disloyalty], tidak dapat dipercaya [distrust], kepalsuan atau tidak benar [inauthenticity], ragu-ragu,mencla mencle [inconsistancy] dan hubungan tidak baik dengan sesama manusia [negative interactions]


Ibrani 12: 22-23 “Tetapi kamu sudah datang ke bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah, dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftat di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna.

1 Petrus 1: 3-4 “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.”







Gambar 7: Mereka yang masuk ke sorga dikawal dan diantar oleh para malaikat, oleh Jack Chick.




http://www.chick.com/


Efesus 2: 4-6, 8-9 “Tetapi Allah yang kaya dengan rachmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita kersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan kita—oleh kasih karunia kamu diselamatkan—dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga…Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu; tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu; jangan ada yang memegahkan diri.”


Orang –orang yang dimateraikan dari bangsa Israel dan dari segala bangsa: Wahyu 7: 4, 9 “ Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel…Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan kaum dan bahasa, berdiri dihadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka.”

Gambar 8: Gambar sorga menurut artis Sven Grier.



Http://www.abstractdigitalartgallary.com/
Matius 7: 21Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku : Tuhan, Tuhan ! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.”

KENAIKAN YESUS KE SORGA DAN TUJUANNYA

KENAIKAN JESUS KE SORGA DAN TUJUANNYA

APA TUJUAN KENAIKAN YESUS KRISTUS ?

Yesus Kristus naik ke sorga untuk menyediakan tempat bagi manusia yang percaya kepada Yesus Kristus, Allah Bapak dan Roh Kudus. Dibawah ini diutarakan beberapa penjelasan ayat Alkitab:

Gambar 1: Yesus naik ke sorga

http://www.mocalester.edu/


Yohanes 14: 2-3: “ Di rumah Bapa-Ku Banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.”
Johanes 14: 16-17: “Aku akan minta kepada Bapak dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.”

KEMANA YESUS KRISTUS NAIK ?
· Yesus naek ksorga atau Fiirdaus dan duduk disebelah kanan Allah sebagaimana diutarakan dengan ayat- ayat Alkitab sebagai berikut :


Gambar 2: Gambar sorga menurut Jack Chick
http://www.-chick.com/


. Markus 16: 19 “Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah.”
· Lukas 24: 50-51 “Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.”
· Ibrani 1: 3b “Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, ditempat yang tinggi.”
· Ibrani 1: 13b “Duduklah di sebelah kanan-Ku sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu.”
· Kepada salah seorang penjahat yang disalibkan bersama Yesus, Lukas 23: 43 Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, seungguhnya hari ini juga engkau ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”
· 2 Korintus 12: 3-4 “Aku juga tahu tentang orang itu, -- entah didalam tubuh entah diluar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang menetahuinya—ia tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengar kata-kata yang tak terkatakan yang tidak boleh diucapkan manusia.

Selasa, 11 Mei 2010

PENAMPAKAN SETELAH KEBANGKITAN DAN KENAIKAN YESUS KE SORGA.

XI. PENAMPAKAN SETELAH KEBANGKITAN DAN KENAIKAN YESUS KE SORGA.



Yesus setelah kebangkitan-Nya dari kematian menampakkan diri kepada banyak pihak terutama kepada murid-Nya/ Apostel dan para pengikut yang setia, antara lain:











        Gambar 88: Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena




      1. "Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu,Ia mula-mula menampakkan dirinya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan". [Markus 16: 9; Yohanes 20: 15-16].

      2. "Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu". Sewaktu mereka berlari cepat-cepat untuk pulang; "Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu" Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembahnya". [Matius 28: 1, 8, 9].

      3. Yesus menampakkan diri kepada dua orng murid-Nya di jalan ke Emaus, yang kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem. " Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti,mengucap berkat, lalu memecah-memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka. Ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah mereka". [Lukas 24: 13, 30-31]



      Gambar 89: Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya




















            4. "Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus disuatu tempat...Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu !" [Yohanes 20: 19; Markus 16: 14; Lukas 24: 36 ] Tomas yang disebut Didimus tidak ikut hadir, ketika Yesus datang ke situ dan Tomas tidak percaya kebangkitan Yesus sebelum ia melihatnya.


            Gambar 90: Yesus menampakkan diri kedua kalinya kepada murid-murid-Nya.







            5. Murid-murid Yesus yang berkumpul di Yerusalem. Kata mereka itu : " Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon [Simon Petrus, Kepas]". [Lukas 24: 34; 1 Korintus 15: 5]








              Gambar 91: Yesus menampakkan diri kepada Tomas.

















            6. Yesus menampakkan diri kepada Tomas bersama murid murid yang lain delapan hari setelah pertemuan pertama Yesus dengan murid-murid-Nya. Akhirnya Tomas percaya kebangkitan Yesus dan Tomas menjawab Yesus: "Ya Tuhanku dan Allahku!" Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagilah mereka yang tidak melihat, namun percaya." Yohanes 20: 26,28-29]

            7. Yesus menampakkan diri kepada sebelas murid-Nya di bukit di Galilea. "Ketiks melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi." [Matius 28: 17-18]



            Gambar 92: Yesus mengatakan kepada Petrus: Gembalakanlah domba-domba-Ku.















            8. Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias [Danau Galilea]. Kata Yesus kepada mereka: "Hai anak-anak, adakah kamu mempunyai lauk-pauk?" Jawab mereka: 'Tidak ada." Maka kata Yesus kepada mereka: "Tebarkanlah jalamu di sebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh." Lalu mereka menebarkannya dan mereka tidak dapat menariknya lagi karena banyaknya ikan. Itulah ketiga kalinya Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya sesudah Ia bangkit dari antara orang mati. [Yohanes 21: 5-6] Gereja Petrus Mensa Christi yang dibangun diatas batu besar, merupakan situs tradisional dimana Tuhan Yesus yang telah bangkit muncul dihadapan murid-murid-Nya, menyiapkan sarapan untuk mereka, dan memberikan Petrus misi Pastoral yaitu: "Gembalakanlah domba-domba-Ku". [Yohanes 21: 15-17].




            Gambar 93: Gereja Petrus Mensa Christi di Tabgha tepi laut Galilea.









            Gambar 94: Penulis/ Publisher Sahala berada didalam Gereja Petrus Mensa Christi sebagai wisatawan rohani.





            9. "Yesus menampakkan diri kepada lebih dari 500 saudara sekaligus" [1 Korintus 15: 6]









            10. "Selanjutnya Ia [Yesus] menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul". [1 Korintus 15: 7]

            11...."selama empat puluh hari ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun kepada kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan Samaria dan sampai ke ujung bumi".Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. [Kisah Para Rasul 1: 3, 8-9]

            12. Yesus menampakkan diri kepada Paulus [1 Korintus 15: 8]. Ketika Saulus [Paulus] bertobat dalam perjalanannya ke Damsyik.. kedengaran suara Yesus kepadanya : "Saulus, Saulus mengapakah engkau menganiaya Aku?" Jawab Saulus: "Siapakah engkau Tuhan?" Kata-Nya: "Akulah Yesus yang kau aniaya itu...[Kisah Para Rasul 9: 1-19a].


            KENAIKAN YESUS KE SORGA

            Menurut Lukas, kata-kata terakhir Yesus sebelum Dia naik ke surga: Katanya kepada mereka: Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Dan kamu adalah saksi dari semuanya ini". [Lukas 24: 46-48]


















            Gambar 95: Kenaikan Yesus Kristus di Gereja Ortodoks Oriental di India


            Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. [Lukas 24: 50-51 ]























            Gambar 96: Kenaikan Kristus oleh Garofalo, 1520



















            Gambar 97: Icon Ascencion Yesus oleh Rublev Andrej, 1408, Tretyakov Galeri Moskow


            Menurut Markus: Lalu Ia berkata kepada mereka: Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak yang percaya akan dihukum. Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka,terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. [Markus 16: 15-16, 19]















            Gambar 98: Batu Kenaikan [Ascension Rock]. Pada halaman Kapel Kenaikan Yesus Kristus terdapat batu yang melegenda dikarenakan terdapat tapak kaki Yesus yang terbentuk ketika Yesus terangkat ke sorga.















            Gambar 99: Yesus terangkat naik ke sorga; oleh Lavista.org/Pictures

















            Gambar 100: Kenaikan Yesus ke sorga disaksikan oleh para murid-murid-Nya.











































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































            Jumat, 07 Mei 2010

            MINGGU PASKAH DAN HARI RAYA PASKAH PROTESTAN

            MINGGU PASKAH ATAU HARI RAYA PASKAH
            MINGGU PASKAH [Yunani: Paskha, Ibrani: Pesakh] .

            HARI RAYA PASKAH adalah pesta agama yang paling penting pada liturgi Kristen.

            Menurut Kitab Suci Kristen, Yesus dibangkitkan dari antara orang mati pada hari ketiga setelah penyalibannya. Minggu Paskah atau Hari Raya Paskah, Hari KebangkitanYesus dua hari setelah Jumat Agung dan tiga hari setelah Kamis Putih/Makan Malam Terakhir.

            "Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu". [1 Korintus 15: 14]











            Gambar 85: Kebangkitan Yesus pada hari Minggu Paskah



            Perjanjian Baru mengajarkan bahwa kebangkitan Yesus dari kematian pada Hari Raya Paskah, adalah dasar dari iman Kristen. kebangkitan Yesus sebagai Anak Allah yang kuat dan diyakini sebagai bukti bahwa Allah akan menghakimi dunia dalam kebenaran. Kristus telah bangkit! Yesus Kristus mati untuk dosa-dosa kita; pada hari ketiga kemudian, Dia bangkit dari antara orang mati.



            Yesus Kristus menang atas dosa, dan kematian, dan neraka. Dia menanggung dosa-dosa kita ketika Dia mati di kayu salib, dan selama tiga hari itu tampak seperti kematian telah menang. Tapi kemudian, pada hari Minggu yang sekarang kita merayakan Minggu Paskah, dimana kesaksian perempuan itu datang ke makam di mana Dia telah dikuburkan dan Dia telah dibangkitkan. Malaikat bertemu mereka di sana dan berkata, "Mengapa kamu mencari orang hidup di antara orang mati?










            Gambar 86: Kebangkitan Yesus ... Ada dua orang berdiri dengan mereka dalam pakaian bersinar, ... mereka berkata kepada mereka, Mengapa kamu mencari yang hidup diantara orang mati? DIA TIDAK DI SINI; TAPI IA TELAH BANGKIT " [Lukas 24: 4-6]







            Kematian tidak dapat memegang Yesus; daya kuburan tidak dapat menahannya-Nya. Kekuasaan Allah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, demikian juga kita dapat memiliki hidup yang baru dalam Yesus Kristus. Sekarang kita juga dapat bangkit dalam hidup yang baru dengan Yesus Kristus. Tuhan kita menang dalam kehidupan kita. Mari kita menyembah Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus, karena Dia benar-benar bangkit dari kematian


            X. HARI RAYA PASKAH GEREJA GEREJA PROTESTAN.

            Gereja-Gereja Protestan Anglikan / Episkopal, bersama dengan Protestan dan dalam tradisi Katolik, seperti Lutheran dan Calvinis, tidak sebanyak kegiatan Pekan Suci Gereja Katolik Roma . Dari pengikut Protestan, mungkin kegiatan Minggu Suci [Passion Minggu] Gereja Moravia yang paling luas, sebagai Kongregasi mengikuti kehidupan Kristus melalui minggu terakhir-Nya dalam pelayanan sehari-hari yang didedikasikan untuk pembacaan dari sebuah harmoni kisah-kisah Injil, menanggapi tindakan dalam nyanyian rohani/ himne, doa dan litani, dimulai pada malam Minggu Palma dan memuncak di Pagi Paskah atau "Sunrise" Paskah .










            Gambar 87: Kebangkitan Yesus Kristus pada Pagi hari Raya Paskah atau Easter Morning Sunrise.









            Beberapa gereja Protestan membuat banyak upacara pembasuhan kaki pada hari Kamis Putih, bagi yang lain mungkin satu-satunya waktu setahun ketika Perjamuan Kudus dirayakan, gereja-gereja lain merayakan seperti versi dari Paskah Yahudi saat ini. Protestan lainnya lebih informal melakukan perayaan Pekan Suci, biasanya termasuk khotbah tentang minggu terakhir dari kehidupan Kristus, dan mungkin beberapa layanan khusus pada Minggu Palma, Jumat Agung dan atau Minggu Paskah.



            Contoh:


            MINNGU PASKAH DI GEREJA PROTESTAN: SUDIRMAN JAKARTA.


            Kegiatan Minggu Suci Paskah menurut pengalaman sebagai berikut:

            1. Minggu Palmarum [ Minggu Palem tanggal 28 Maret 2010, jam 8.30] : Prosesi Palmarum dimulai dari gerbang gereja hingga ke pintu masuk gereja. Pendeta dan Sintua/Pengetuai Gereja, anak sekolah minggu, remaja, pemuda/i dan anggota jemaat membawa daun palem pada tangan masing-masng. Hal ini untuk mengenang peristiwa masuknya Tuhan Yesus ke Yerusalem saat akan Paskah. Sebelum procesi jemaat belum boleh masuk gereja sampai selesai prosesi , baru jemaat boleh masuk gereja. Acara digereja dimulai dengan votum, pembacaan Hukum Tuhan, pengakuan dosa, epistel, pengkuan iman Kristiani, Kotbah dari Markus 14: 3-9 dan penutup.
            2. Kebaktian Kaum Perempuan. [Selasa 30 Maret 2010


            3. Berpuasa tidak memakan daging selama dua hari [Rabu dan Kamis 31 Maret- 1 April 2010].


            4. Kebaktian Jumat Agung [Jumat 2 April 2010, jam 8.30], merupakan Pesta Peringatan Hari Kematian Tuhan Yesus dan perjamuan Kudus. Disusul dengan Persenbahan Iman sebagai bentuk sukacita akan keselamatan yang telah diberikan Tuhan Yesus melalui Paskah. Evanggelium atau bahan kotbah Lukas 23: 26-32.


            5. Kebaktian Keluarga Malam Passion/Penderitaan [Sabtu 3 April 2010, malam hari], dimana orang tua, anak-anak dan anggota keluarga lain mengadakan kebaktian bersama dirumah masing-masing dengan panduan acara diberikan oleh gereja, antara lain renungan yang berisi 1 Petrus 2: 18-24, dengan penjelasan: Jika harus membalas, balaskanlah yang baik. Inilah sikap radikal etis dari Yesus dalam menghadapi berbagai kebencian dan perlawanan manusia kepada- Nya. Intinya: Seperti Yesus yang tidak membalas kejahatan kita dan selalu melakukan yang baik, demikian harusnya kita orang Kristen mengasihi Dia. Bahkan dikatakan: "Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikian kamu menjadi anak-anak Bapamu di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar". [Matius 5: 44-45]


            6. Kebaktian Paskah Subuh [Minggu 4 April 2010, jam 4.00 subuh] Dalam rangka memperingati kebangkitan Yesus , terutama para wanita bersama anak-anak sekolah minggu, remaja, pemuda/i bersama jemaat yang mendampingi anak-anak mengikuti acara kegiatan anak sekolah minggu: Panggung boneka dan drama; perlombaan mencari telor Paskah; dan perlombaan lari estafet telor dan kelereng. Bagi pemenang diberi hadiah. Setelah itu dilakukan acara Paskah Subuh yang dipimpin Bapak Pendeta dengan kotbah Lukas 24: 1-4.


            7. Kebaktian Paskah Pertama [ Minggu 4 April 2010, jam 9.30 ] Acara kebaktian digabung dengan Pesta Kebangkitan Kaum Perempuan, dimana acara pelaksanaan dan koor-koor yang menyanyi dilakukan oleh kaum perempuan. Evangelium atau bahan kotbah dari Yohanes 20: 1-10.



            8. Kebaktian Paskah ke II [Senin 5 April 2010, jam 19] Acara Kebaktian dibarengi penyajian lagu-lagu rohani oleh paduan-paduan suara yang ada pada gereja tersebut. Evangelium atau bahan kotbah dari Yohanes 20: 24-29. Dengan judul: Yesus menampakkan diri kepada Tomas. Dimana Tomas yang sebelumnya tidak percaya kebangkitan Yesus, setelah bertemu Yesus dan menunjukkan bekas luka di lambung-Nya; akhirnya Tomas percaya dan menjawab kepada Yesus: "Ya Tuhanku dan Allahku!" Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

            Gambar 87 A: Thomas percaya bahwa Yesus telah bangkit atau hidup kembali dari kematian-Nya, setelah Tomas menccucukkan tangannya kearah lambung Yesus.















            Kamis, 06 Mei 2010

            KAMIS KUDUS, JUMAT AGUNG, SABTU KUDUS DAN MALAM PASKAH


            KAMIS KUDUS , JUMAT AGUNG , SABTU KUDUS DAN MALAM PASKAH.


            KAMIS KUDUS ATAU MAKAN MALAM TERAKHIR :

            Misa Perjamuan Tuhan di Basilika Dormiton di Bukit Zion, tempat memperingati Perjamuan Makan Malam Terakhir Yesus dengan Dua Belas Rasul, lembaga Ekaristi, lembaga imamat, dan Yesus memberi perintah kasih persaudaraan setelah membasuh kaki murid-muridnya. Semua lonceng gereja, termasuk lonceng altar, boleh dibunyikan selama nyanyian bersama Gloria in Excelcis Deo. Lonceng dan organ kemudian terdiam sampai acara Gloria pada malam Paskah [Mat 26: 17-25; Markus 14: 12-21; Lukas 22: 7-14; Yohanes 13: 21-30]


            Coenaculum, atau ruang makan merupakan tempat dimana Yesus makan bersama-sama dengan murid-muridnya pada makan malam terakhir, dan mengadakan pelayanan komuni [Matius 26: 26-28; Markus 14: 22-25; Lukas 22: 19-20].

            Di ruang yang sama pula Yesus menampakkan diri dua kali kepada murid-muridnya setelah kebangkitannya [Yohanes 20: 19-23; 24,29]. Di ruang yang sama pula para murid menerima Roh Kudus [Kisah Para Rasul 2: 1-4].


            Gambar 80: Yesus di Aula Perjamuan Makan Malam Terakhir dengan roti dan gelas anggur pada Makan Malam Terakhir, sebelum Perjamuan Kudus

            Missale Romawi merekomendasikan bahwa, jika dianggap tepat pastoral, imam harus, segera setelah homili, merayakan ritual membasuh kaki sejumlah orang tidak spesifik, lazimnya dua belas, mengingat jumlah para Rasul. [Yohanes 13: 4-14].












            Gambar 81: Yesus membasuh kaki para murid-Nya




            JUMAT AGUNG.

            Umat Kristen Katolik Roma memperlakukan Jumat sebagai hari puasa, yang didefinisikan sebagai hanya memiliki satu hidangan lengkap atau dua hidangan yang kecil. Jumat Agung dalam Ritus Katolik Romawi pada Misa/ layanan Siang didalamnya terdiri dari membaca dan meditasi, serta [yang dinyanyikan] membaca cerita Passion /penderitaan Yesus dari Injil Yohanes yang sering dibaca secara dramatis, dengan imam, satu atau lebih pembaca, dan semua jemaat mengambil bagian.







            Gambar 82: Penderitaan/ Passion Yesus di kayu Salib




            Dalam Liturgi Latin tradisional, Passion dibaca oleh imam menghadap altar, dengan tiga diakon nyanyian di tempat kudus menghadapi orang-orang.


            Liturgi terdiri dari tiga bagian dalam Ritus Roma:
            Liturgi Sabda, Penghormatan Salib, dan Perjamuan Kudus.




            SABTU KUDUS

            Suatu hari keheningan dan doa yang memperingati Kristus yang mati di dalam kubur. Misa Tidak dirayakan secara massal. Dalam beberapa Gereja Anglikan, termasuk Gereja Episkopal di Amerika Serikat, ada ketentuan dari liturgi sederhana dengan pembacaan memperingati penguburan Kristus. Tabernakel dibiarkan kosong dan terbuka. Perayaan Paskah bisa dimulai setelah matahari terbenam pada hari sabtu, acara liturgis seperti Minggu Paskah, meskipun masih Sabtu dalam kalender sipil.









            Gambar 83: Sabtu Suci untuk memperingati kematian Yesus di Makam Malam Paskah







            MALAM PASKAH

            Liturgi dimulai setelah matahari terbenam pada Sabtu Suci dimana jemaat berkumpul dalam gereja.
            Dalam kegelapan, api baru dinyalakan setelah diberkati oleh Imam. Api baru ini melambangkan Allah membawa cahaya keselamatan dan harapan ke dalam dunia melalui Kebangkitan Kristus, mengusir kegelapan dosa dan kematian.











            Gambar 84: Malam Paskah setelah matahari terbenam pada hari Sabtu Suci Dalam tradisi Katolik Roma,







            Malam Paskah terdiri dari empat bagian:

            · Panduan Pelayanan Cahaya

            · Liturgi Firman

            · Liturgi Baptisan

            Sakramen Pembaptisan dan Penguatan bagi anggota baru Gereja dan Pembaruan Janji Baptisan oleh seluruh

            jemaat.

            · Ekaristi Suci.












            MINGGU KUDUS ROMA KATOLIK



            IX. MINGGU KUDUS LATIN ROMA KATOLIK


            1. Minggu Palem [Palmarum] atau Minggu Suci [Passion]

            [Mat 21: 1-11, Markus 11: 10-10; 19 Lukas: 19: 28-38; Yohanes 12: 12-19]


            Pekan Suci dimulai dengan Minggu Suci Tuhan kita Yesus. Untuk memperingati masuknya Mesias ke Yerusalem, untuk menyelesaikan misteri Paskah itu, adalah kebiasaan untuk memiliki sebelum misa berkat dari daun palem atau kelapa [atau cabang lain, misalnya cabang zaitun ].




            Gambar 75: Minggu Palem /Kelapa atau Minggu Suci dari Perayaan Pekan Suci dimana Yesus masuk ke Yerusalem.
















            Gambar 76: Massa atau orang banyak yang datang untuk merayakan pesta Paskah mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem, mereka mengambil cabang pohon palem dan pergi menyongsong Dia sambil mereka berseru-seru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel." [John 12: 12-13]





            Upacara berkat, diadakan di luar gereja termasuk pembacaan ayat-ayat Injil bagaimana Yesus naik ke Yerusalem dengan rendah hati diatas keledai, mengingatkan pada prosesi Kemenangan Daud, dan bagaimana manusia menymbah dengan telapak tangan di tanah di depannya.










            Gambar 77: Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis:
            Jangan takut, hai putri Sion: lihatlah, Raja-Mu datang, duduk di atas seekor keledai. [John 12: 14-15]










            Ini diikuti dengan sebuah prosesi khusyuk masuk ke dalam gereja, dengan peserta memegang cabang palma di tangan mereka. Misa itu sendiri mencakup pembacaan Passion: "Dan orang banyak yang berjalan di depan, dan yang mengikut-Nya dari belakang berseru: " Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang tertinggi ! Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini ?" Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.' [Matius 21: 9-11].
            2. Senin sampai Rabu Kudus:
            Senin Kudus, Injil memberitahu Pengurapan di Betania, di rumah Simon si kusta. " Datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan. "[Mat 26.: 7; Markus 14: 3; Yohanes 12: 3].







            Gambar 78: Maria ialah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya. [John 11: 2]














            Gambar 79: Yesus membersihkan Bait Allah dan mengusir penukaran uang oleh Carl Heinrich Bloch, 1800-an


            Rabu Kudus [kadang-kadang disebut Spy Rabu]. "Dan Yesus pergi ke Bait Allah, dan mengusir semua mereka yang menjual dan membeli dalam Bait Allah, dan menggulingkan meja para penukar uang, dan kursi dari mereka yang menjual burung merpati. Dan berkata kepada mereka:
            Ada tertulis, Rumah-Ku akan disebut rumah doa, tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun [Mat 21: 12-13; Markus 11: 15-19: Lukas 19: 45-46: Yohanes 2: 14-16].

            Selasa, 04 Mei 2010

            TEMPAT SUCI/ KUDUS ISLAM DI YERUSALEM



            TEMPAT SUCI MUSLIM/ ISLAM DI YERUSALEM

            1. Kubah Batu
            Di Bukit Bait Suci berdiri Kubah Batu, sebuah masjid sangat mencolok dengan kubah emasnya. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Omar, dinamai setelah Khalifah Umar yang beragama Islam/ Muslim menaklukkan Palestina. Pada tahun 636 Masehi, Muslim/ Islam menduduki Yerusalem, puing-puing dibersihkan dari bukit dan Khalif Omar membangun suatu mesjid pada situs tersebut, mengidentifikasi tempat dimana Nabi Muhammad pergi ke surga bersama kuda bersayap [Bouraq]. Di tahun 691 Abdul-Malik bin Marwan, Khalifah Omayad, menggantikan mesjid kecil yang dibangun Omar dengan yang ada sekarang.

            Kubah Batu berada pada kedudukan ketiga paling suci setelah Ka'bah di Mekah dan makam Nabi Muhammad di Mainah, adalah salah satu dari mesjid yang paling indah dalam dunia Islam. Bagian luar mesjid berbentuk segi delapan [oktagon], setiap sisinya memiliki panjang 63 kaki dengan ketinggian 180 kaki dihitung dari bagian dasar, dan berdiameter 78 kaki.





            Gambar 70: Ambil gambar, Sahala-taylor [Me] dan pasangan saya Nyonya B. Tampubolon berdiri di depan Kubah Batu.







            Masjid ini didirikan pada tahun 691, dan selama periode Tentara Perang Salib [1099-1187], digunakan sebagai gereja. Setelah kekalahan para Ksatria perang salib, Salib yang tercantap di atas kubah selama 88 tahun dicabut, dan bulan sabit kembali berada diatas kubah tersebut. Kubah itu dibangun sekitar Bukit Batu Suci di mana Abraham akan mengorbankan anaknya.






            Gambar 71: Ambil foto [Foto shot] , Conny dan temannya di depan Kubah Batu.






            Kubah Batu ini adalah tempat yang sama dianggap sebagai tempat perjalanan malam ajaib Muhamad ke surga, dan mesjid paling suci Islam setelah Mekah dan Madinah.






            Gambar 72: Foto shot, Penulis, pasangan saya dan putri kami Conny di halaman Kubah Batu.







            2. Masjid El-Aqsa.

            Tempat Suci lainnya di Bukit Bait itu adalah kubah perak-El-Aqsa, dibangun pada tahun 710 di situs tradisional Istana Salomo dan Istana Raja Yehuda, dan Kubah Rantai, dikatakan telah digunakan sebagai suatu perbendaharaan. Serambinya tujuh-melengkung memberikan ruang doa bermartabat, dengan mihrab, atau Muslim berdoa ceruk, di arah dinding selatan, sebagai kebiasaan, menuju Mekah. Antara El-Aqsa dan Kubah Batu adalah sumber air bentuk bulat air mancur Kas, dimana Muslim membasuh kaki dan tangan mereka sebelum ibadah.










            Gambar 73: Ambil foto/ Foto shot, saya dan pasangan saya di halaman Masjid Al-Aqsa





















            Gambar 74: Ambil gambar/ Foto shot Al-Aqsa dilihat dari halaman depan dekat Tembok Kota Tua/ Lama








            Senin, 03 Mei 2010

            TEMPAT SUCI/ KUDUS YAHUDI DI YERUSALEM

            WISATA KE TEMPAT SUCI/ KUDUS YAHUDI DI YERUSALEM.



            1. TEMBOK BARAT [TEMBOK RATAPAN]









            Gambar 66: Ambil gambar [Foto shot] Sahalataylor [Me] di Tembok Barat.








            Satu bagian dari dinding penahan 2000-tahun Kuil Herodes, Tembok Barat adalah simbol iman yang tak tergoyahkan bagi keyakinan dan pengabdian Yahudi. Tembok Barat [Tembok Ratapan] adalah bangunan paling suci bagi umat Yahudi. Tembok ini dipuja sebagai peninggalan terakhir dari bait Allah yang terakhir dibangun.


            Di kota tua, situs paling suci dalam Yahudi, sisa sejarah tunggal Gunung Bait [Temple Mount] dihancurkan oleh Romawi pada tahun 70 Masehi. Tembok Barat yang ada ini adalah bagian dari tembok yang tersisa yang dibangun oleh Herodes di sekeliling Bait Allah yang kedua, yang dibangun pada tahun 20 S.M. Titus, pada tahun 70 masehi, menyelamatkan bagian tembok ini beserta dengan batu-batu besarnya untuk menunjukkan kepada generasi sesudahnya kebesaran tentara Romawi yang memiliki kemampuan menghancurkan bagian lain dari bangunan yang ada sebelumnya. Selama periode pendudukan Romawi orang Yahudi tidak diperkenan kan untuk memasuki Yerusalem.


            Selama periode pendudukan Byzantium [395-638], orang Yahudi diperkenankan untuk memasuki Yerusalem sekali setahun, pada peringatan kehancuran Bait Allah, untuk meratapi pemecahan bangsa mereka dan menangisi kehancuran Bait Kudus/ Suci. Bagian Tembok yang ada sekarang ini kemudian dikenal sebagai Tembok Ratapan.


            Sejak tahun penghancuran Bait Allah, tembok itu telah menjadi fokus dari ziarah Yahudi, bahkan setelah fatwa keras Roma dari pengasingan tidak boleh memasuki Yerusalem, orang Yahudi diizinkan untuk berdoa di sana, di sembilan Av-ulang tahun dari kehancuran Bait Allah [Holy Temple]. Hanya selama 19 tahun pendudukan Yordania, 1948-1967, orang Yahudi dilarang untuk mendekati tempat suci tersebut.


            Setelah kemenangan Israel pada perang 6 hari tahun 1967, Tembok Ratapan berubah menjadi tempat untuk bersukacita nasional, sebagai tempat untuk peribadatan. Sebuah lapangan terbuka yng luas disediakan sebagai wadah bagi beribu-ribu orang yang ingin melakukan ibadah.


            Herodes membangun tembok dengan batu persegi besar pada konstruksi asli, membuat program setinggi dua belas batu, masing-masing hampir satu setengah meter tingginya.
















            Gambar 66 A: Ambil foto [Foto shot] Isteri Nyonya B. Tampubolon dan teman-teman di Tembok Barat.


            Isi kerohanian [spiritual content] adalah dirasakan oleh permohonan [petitions] dengan kelimpahan/ berurai air mata diselipkan di celah-celah antara blok batu sebagai legenda yang tak terhitung jumlahnya dari Barat, yang ditunggu di Tembok Barat oleh banyak orang Yahudi yang membawa harapan dengan air mata, aspirasi mereka dan mereka memberi syukur dan persembahan di Tembok Barat .
















            Gambar 67: Ambil foto [Foto shot] putriku Nn. Conny di Tembok Barat









            Orang-orang Yahudi dari seluruh dunia menulis permohonan kepada Allah, sebagai tambahan doa mereka ke jutaan yang sudah ada di antara batu-batu kuno di Tembok Barat.








            Gambar 68: Berdoa di Tembok Barat






            2. Bait Gunung [Temple Mount].

            Ini adalah situs dari Kuil Pertama dan Kedua, pusat keagamaan dan spiritual dari orang-orang Yahudi sepanjang zaman. Kuil pertama dibangun oleh Raja Salomo dan dihancurkan oleh Nebuchadnezzer, Raja Babel, pada tahun 586 SM Bait Suci Kedua dibangun oleh orang-orang yang kembali ke Sion di 515 SM dan dihancurkan oleh Titus Roma pada tahun 70 Masehi . Kedua Kuil-kuil dihancurkan pada tanggal Ibrani yang sama, hari kesembilan Av. Setelah ditaklukkan oleh bangsa Arab, menjadi pusat agama Islam. Bait Gunung [Temple Mount] dikuasai oleh Angkatan Pertahanan Israel setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967.


            3. Gunung Moriah.



            Disebut Gunung Moriah atau Haram el-Sharif - yang tempat berpagar secara tradisional tempat di mana "Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah", [Kejadian 2: 7], dan di mana Abraham akan mengorbankan Ishak setelah diikat. [ Kejadian 22: 9].



            Gambar 69: Abraham mau mengorbankan Ishak.


            "...Lalu Abraham mendirikan mezbah disitu,disusunnyalah kayu,diikatnya Ishak,anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, diatas kayu api.

            Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya. Tetapi berserulah malaikat Tuhan dari langit kepadanya: "Abraham,Abraham. " Sahutnya : " Ya,Tuhan."

            Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kau apa-apakan dia, sebab telah kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu kepada-Ku.

            [ Kejadian 22: 9-12]


            Di sini, di puncak bukit, itu altar Daud, dimana Salomo mendirikan Bait Allah, akhirnya digantikan oleh struktur megah Herodes, dimana Tembok Barat masih berdiri.


            4. Makam Raja Daud.
            Makam Tradisional Daud, Kamar Pembantaian [Holocaust], Aula Perjamuan Terakhir, David Palombo Museum, Gereja Dormiton, Berbatasan dengan sudut tenggara Kota Lama. Melalui lorong kearah ruang dengan tugu peringatan untuk orang yg dikubur di tempat lain yang sangat besar, yang memegang cerita rakyat menjadi Makam Raja Daud [David's Tomb]. Masih sangat dihormati; selama pendudukan Jordania tahun 1948-1967, Makam itu bertindak sebagai pengganti Tembok Barat, karena Yordania melarang Yahudi beribadat di Tembok Barat .









            Gambar 69 A: Makam Raja Daud
            Makam ini merupakan situs kedua Yahudi yang paling disucikan di Israel setelah Tembok Barat. Makam ini terbuat dari batu, dilapisi oleh kain sulaman dan dihiasi dengan mahkota perak dari Torah.