Minggu, 02 Mei 2010

MAKAM DI TAMAN [GARDEN TOMB]

MAKAM DI TAMAN



Tidak semua orang percaya bahwa Gereja Makam Suci adalah benar-benar kuburan Yesus. Banyak sekte non-Katolik meyakini bahwa sebenarnya dalam Makam di Taman [ Garden Tomb].Situs yang berada di bagian utara Gerbang Damaskus dipercaya oleh sebagian orang sebagai tempat penyaliban dan pemakaman Yesus.



Pada tahun 1883, Jenderal Charles Gordon dari Inggris yang mengamati lembah berbatu ini, yang bentuknya menyerupai tengkorak seorang manusia, dan mengasumsikan bahwa tempat ini kemungkinan memang Kalvari [Bukit Tengkorak]. Sebuah asosiasi dibentuk dan di tahun 1892, dikumpulkanlah dana yang cukup untuk membeli makam dan kawasan sekitarnya dan dipelihara oleh seorang penjaga berasal dari penduduk disana. Makan di taman ini memberikan gambaran yang jelas akan tempat Penyaliban dan pemakaman Yesus Kristus yang kondisinya dijaga menyerupai pada masa Yesus. Kesederhanaan dan keindahan dari situs ini, dan kedamaian yang mengawani Makam di Taman ini, membuatnya sebagai tempat yang disukai untuk doa dan meditasi.


.Perjanjian Baru menyatakan bahwa : ' Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat.
Dekat tempat Yesus disalibkan ada suatu taman dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang di dalamnya belum pernah dimakamkan seseorang.
Karena hari itu hari persiapan orang Jahudi, sedang kubur itu tidak jauh letaknya, maka mereka meletakkan mayat Yesus ke situ". [Yohanes 19: 40-42]





Gambar 64: Makam di Taman [Garden Tomb] terletak dekat/ tepat di luar Gerbang Damaskus.



Rombongan penulis pernah ziarah ke Makam Suci di Golgata [Kalvari, Bukit tengkorak]; kemudian melanjutkan jalan kaki keluar Gerbang Damaskus, seterusnya jalan kaki menyeberang jalan raya sampai di Makam di Taman, jarak Makam Suci dan Makam di Taman sekitar setengah kilometer.
Acara di Makam di Taman dilakukan kebaktian dan dilanjutkan dengan acara Perjamuan Kudus [ Holy Communion] dipimpin seorng Pendeta pimpinan rombongan .

Bukti untuk situs kemungkinan dekat kewaduk [perigi yang sangat besar yang menunjukkan kemungkinan Vineyard Garden] dan makam Herodes yang memenuhi semua yang disebutkan dalam Perjanjian Baru membuat taman ini pusat bermakna untuk meditasi Kristen dan tempat berdoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar