Senin, 03 Mei 2010

TEMPAT SUCI/ KUDUS YAHUDI DI YERUSALEM

WISATA KE TEMPAT SUCI/ KUDUS YAHUDI DI YERUSALEM.



1. TEMBOK BARAT [TEMBOK RATAPAN]









Gambar 66: Ambil gambar [Foto shot] Sahalataylor [Me] di Tembok Barat.








Satu bagian dari dinding penahan 2000-tahun Kuil Herodes, Tembok Barat adalah simbol iman yang tak tergoyahkan bagi keyakinan dan pengabdian Yahudi. Tembok Barat [Tembok Ratapan] adalah bangunan paling suci bagi umat Yahudi. Tembok ini dipuja sebagai peninggalan terakhir dari bait Allah yang terakhir dibangun.


Di kota tua, situs paling suci dalam Yahudi, sisa sejarah tunggal Gunung Bait [Temple Mount] dihancurkan oleh Romawi pada tahun 70 Masehi. Tembok Barat yang ada ini adalah bagian dari tembok yang tersisa yang dibangun oleh Herodes di sekeliling Bait Allah yang kedua, yang dibangun pada tahun 20 S.M. Titus, pada tahun 70 masehi, menyelamatkan bagian tembok ini beserta dengan batu-batu besarnya untuk menunjukkan kepada generasi sesudahnya kebesaran tentara Romawi yang memiliki kemampuan menghancurkan bagian lain dari bangunan yang ada sebelumnya. Selama periode pendudukan Romawi orang Yahudi tidak diperkenan kan untuk memasuki Yerusalem.


Selama periode pendudukan Byzantium [395-638], orang Yahudi diperkenankan untuk memasuki Yerusalem sekali setahun, pada peringatan kehancuran Bait Allah, untuk meratapi pemecahan bangsa mereka dan menangisi kehancuran Bait Kudus/ Suci. Bagian Tembok yang ada sekarang ini kemudian dikenal sebagai Tembok Ratapan.


Sejak tahun penghancuran Bait Allah, tembok itu telah menjadi fokus dari ziarah Yahudi, bahkan setelah fatwa keras Roma dari pengasingan tidak boleh memasuki Yerusalem, orang Yahudi diizinkan untuk berdoa di sana, di sembilan Av-ulang tahun dari kehancuran Bait Allah [Holy Temple]. Hanya selama 19 tahun pendudukan Yordania, 1948-1967, orang Yahudi dilarang untuk mendekati tempat suci tersebut.


Setelah kemenangan Israel pada perang 6 hari tahun 1967, Tembok Ratapan berubah menjadi tempat untuk bersukacita nasional, sebagai tempat untuk peribadatan. Sebuah lapangan terbuka yng luas disediakan sebagai wadah bagi beribu-ribu orang yang ingin melakukan ibadah.


Herodes membangun tembok dengan batu persegi besar pada konstruksi asli, membuat program setinggi dua belas batu, masing-masing hampir satu setengah meter tingginya.
















Gambar 66 A: Ambil foto [Foto shot] Isteri Nyonya B. Tampubolon dan teman-teman di Tembok Barat.


Isi kerohanian [spiritual content] adalah dirasakan oleh permohonan [petitions] dengan kelimpahan/ berurai air mata diselipkan di celah-celah antara blok batu sebagai legenda yang tak terhitung jumlahnya dari Barat, yang ditunggu di Tembok Barat oleh banyak orang Yahudi yang membawa harapan dengan air mata, aspirasi mereka dan mereka memberi syukur dan persembahan di Tembok Barat .
















Gambar 67: Ambil foto [Foto shot] putriku Nn. Conny di Tembok Barat









Orang-orang Yahudi dari seluruh dunia menulis permohonan kepada Allah, sebagai tambahan doa mereka ke jutaan yang sudah ada di antara batu-batu kuno di Tembok Barat.








Gambar 68: Berdoa di Tembok Barat






2. Bait Gunung [Temple Mount].

Ini adalah situs dari Kuil Pertama dan Kedua, pusat keagamaan dan spiritual dari orang-orang Yahudi sepanjang zaman. Kuil pertama dibangun oleh Raja Salomo dan dihancurkan oleh Nebuchadnezzer, Raja Babel, pada tahun 586 SM Bait Suci Kedua dibangun oleh orang-orang yang kembali ke Sion di 515 SM dan dihancurkan oleh Titus Roma pada tahun 70 Masehi . Kedua Kuil-kuil dihancurkan pada tanggal Ibrani yang sama, hari kesembilan Av. Setelah ditaklukkan oleh bangsa Arab, menjadi pusat agama Islam. Bait Gunung [Temple Mount] dikuasai oleh Angkatan Pertahanan Israel setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967.


3. Gunung Moriah.



Disebut Gunung Moriah atau Haram el-Sharif - yang tempat berpagar secara tradisional tempat di mana "Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah", [Kejadian 2: 7], dan di mana Abraham akan mengorbankan Ishak setelah diikat. [ Kejadian 22: 9].



Gambar 69: Abraham mau mengorbankan Ishak.


"...Lalu Abraham mendirikan mezbah disitu,disusunnyalah kayu,diikatnya Ishak,anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, diatas kayu api.

Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya. Tetapi berserulah malaikat Tuhan dari langit kepadanya: "Abraham,Abraham. " Sahutnya : " Ya,Tuhan."

Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kau apa-apakan dia, sebab telah kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu kepada-Ku.

[ Kejadian 22: 9-12]


Di sini, di puncak bukit, itu altar Daud, dimana Salomo mendirikan Bait Allah, akhirnya digantikan oleh struktur megah Herodes, dimana Tembok Barat masih berdiri.


4. Makam Raja Daud.
Makam Tradisional Daud, Kamar Pembantaian [Holocaust], Aula Perjamuan Terakhir, David Palombo Museum, Gereja Dormiton, Berbatasan dengan sudut tenggara Kota Lama. Melalui lorong kearah ruang dengan tugu peringatan untuk orang yg dikubur di tempat lain yang sangat besar, yang memegang cerita rakyat menjadi Makam Raja Daud [David's Tomb]. Masih sangat dihormati; selama pendudukan Jordania tahun 1948-1967, Makam itu bertindak sebagai pengganti Tembok Barat, karena Yordania melarang Yahudi beribadat di Tembok Barat .









Gambar 69 A: Makam Raja Daud
Makam ini merupakan situs kedua Yahudi yang paling disucikan di Israel setelah Tembok Barat. Makam ini terbuat dari batu, dilapisi oleh kain sulaman dan dihiasi dengan mahkota perak dari Torah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar