Kamis, 06 Mei 2010

MINGGU KUDUS ROMA KATOLIK



IX. MINGGU KUDUS LATIN ROMA KATOLIK


1. Minggu Palem [Palmarum] atau Minggu Suci [Passion]

[Mat 21: 1-11, Markus 11: 10-10; 19 Lukas: 19: 28-38; Yohanes 12: 12-19]


Pekan Suci dimulai dengan Minggu Suci Tuhan kita Yesus. Untuk memperingati masuknya Mesias ke Yerusalem, untuk menyelesaikan misteri Paskah itu, adalah kebiasaan untuk memiliki sebelum misa berkat dari daun palem atau kelapa [atau cabang lain, misalnya cabang zaitun ].




Gambar 75: Minggu Palem /Kelapa atau Minggu Suci dari Perayaan Pekan Suci dimana Yesus masuk ke Yerusalem.
















Gambar 76: Massa atau orang banyak yang datang untuk merayakan pesta Paskah mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem, mereka mengambil cabang pohon palem dan pergi menyongsong Dia sambil mereka berseru-seru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel." [John 12: 12-13]





Upacara berkat, diadakan di luar gereja termasuk pembacaan ayat-ayat Injil bagaimana Yesus naik ke Yerusalem dengan rendah hati diatas keledai, mengingatkan pada prosesi Kemenangan Daud, dan bagaimana manusia menymbah dengan telapak tangan di tanah di depannya.










Gambar 77: Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis:
Jangan takut, hai putri Sion: lihatlah, Raja-Mu datang, duduk di atas seekor keledai. [John 12: 14-15]










Ini diikuti dengan sebuah prosesi khusyuk masuk ke dalam gereja, dengan peserta memegang cabang palma di tangan mereka. Misa itu sendiri mencakup pembacaan Passion: "Dan orang banyak yang berjalan di depan, dan yang mengikut-Nya dari belakang berseru: " Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang tertinggi ! Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini ?" Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.' [Matius 21: 9-11].
2. Senin sampai Rabu Kudus:
Senin Kudus, Injil memberitahu Pengurapan di Betania, di rumah Simon si kusta. " Datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan. "[Mat 26.: 7; Markus 14: 3; Yohanes 12: 3].







Gambar 78: Maria ialah perempuan yang pernah meminyaki kaki Tuhan dengan minyak mur dan menyekanya dengan rambutnya. [John 11: 2]














Gambar 79: Yesus membersihkan Bait Allah dan mengusir penukaran uang oleh Carl Heinrich Bloch, 1800-an


Rabu Kudus [kadang-kadang disebut Spy Rabu]. "Dan Yesus pergi ke Bait Allah, dan mengusir semua mereka yang menjual dan membeli dalam Bait Allah, dan menggulingkan meja para penukar uang, dan kursi dari mereka yang menjual burung merpati. Dan berkata kepada mereka:
Ada tertulis, Rumah-Ku akan disebut rumah doa, tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun [Mat 21: 12-13; Markus 11: 15-19: Lukas 19: 45-46: Yohanes 2: 14-16].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar