Jumat, 07 Mei 2010

MINGGU PASKAH DAN HARI RAYA PASKAH PROTESTAN

MINGGU PASKAH ATAU HARI RAYA PASKAH
MINGGU PASKAH [Yunani: Paskha, Ibrani: Pesakh] .

HARI RAYA PASKAH adalah pesta agama yang paling penting pada liturgi Kristen.

Menurut Kitab Suci Kristen, Yesus dibangkitkan dari antara orang mati pada hari ketiga setelah penyalibannya. Minggu Paskah atau Hari Raya Paskah, Hari KebangkitanYesus dua hari setelah Jumat Agung dan tiga hari setelah Kamis Putih/Makan Malam Terakhir.

"Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu". [1 Korintus 15: 14]











Gambar 85: Kebangkitan Yesus pada hari Minggu Paskah



Perjanjian Baru mengajarkan bahwa kebangkitan Yesus dari kematian pada Hari Raya Paskah, adalah dasar dari iman Kristen. kebangkitan Yesus sebagai Anak Allah yang kuat dan diyakini sebagai bukti bahwa Allah akan menghakimi dunia dalam kebenaran. Kristus telah bangkit! Yesus Kristus mati untuk dosa-dosa kita; pada hari ketiga kemudian, Dia bangkit dari antara orang mati.



Yesus Kristus menang atas dosa, dan kematian, dan neraka. Dia menanggung dosa-dosa kita ketika Dia mati di kayu salib, dan selama tiga hari itu tampak seperti kematian telah menang. Tapi kemudian, pada hari Minggu yang sekarang kita merayakan Minggu Paskah, dimana kesaksian perempuan itu datang ke makam di mana Dia telah dikuburkan dan Dia telah dibangkitkan. Malaikat bertemu mereka di sana dan berkata, "Mengapa kamu mencari orang hidup di antara orang mati?










Gambar 86: Kebangkitan Yesus ... Ada dua orang berdiri dengan mereka dalam pakaian bersinar, ... mereka berkata kepada mereka, Mengapa kamu mencari yang hidup diantara orang mati? DIA TIDAK DI SINI; TAPI IA TELAH BANGKIT " [Lukas 24: 4-6]







Kematian tidak dapat memegang Yesus; daya kuburan tidak dapat menahannya-Nya. Kekuasaan Allah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, demikian juga kita dapat memiliki hidup yang baru dalam Yesus Kristus. Sekarang kita juga dapat bangkit dalam hidup yang baru dengan Yesus Kristus. Tuhan kita menang dalam kehidupan kita. Mari kita menyembah Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus, karena Dia benar-benar bangkit dari kematian


X. HARI RAYA PASKAH GEREJA GEREJA PROTESTAN.

Gereja-Gereja Protestan Anglikan / Episkopal, bersama dengan Protestan dan dalam tradisi Katolik, seperti Lutheran dan Calvinis, tidak sebanyak kegiatan Pekan Suci Gereja Katolik Roma . Dari pengikut Protestan, mungkin kegiatan Minggu Suci [Passion Minggu] Gereja Moravia yang paling luas, sebagai Kongregasi mengikuti kehidupan Kristus melalui minggu terakhir-Nya dalam pelayanan sehari-hari yang didedikasikan untuk pembacaan dari sebuah harmoni kisah-kisah Injil, menanggapi tindakan dalam nyanyian rohani/ himne, doa dan litani, dimulai pada malam Minggu Palma dan memuncak di Pagi Paskah atau "Sunrise" Paskah .










Gambar 87: Kebangkitan Yesus Kristus pada Pagi hari Raya Paskah atau Easter Morning Sunrise.









Beberapa gereja Protestan membuat banyak upacara pembasuhan kaki pada hari Kamis Putih, bagi yang lain mungkin satu-satunya waktu setahun ketika Perjamuan Kudus dirayakan, gereja-gereja lain merayakan seperti versi dari Paskah Yahudi saat ini. Protestan lainnya lebih informal melakukan perayaan Pekan Suci, biasanya termasuk khotbah tentang minggu terakhir dari kehidupan Kristus, dan mungkin beberapa layanan khusus pada Minggu Palma, Jumat Agung dan atau Minggu Paskah.



Contoh:


MINNGU PASKAH DI GEREJA PROTESTAN: SUDIRMAN JAKARTA.


Kegiatan Minggu Suci Paskah menurut pengalaman sebagai berikut:

  1. Minggu Palmarum [ Minggu Palem tanggal 28 Maret 2010, jam 8.30] : Prosesi Palmarum dimulai dari gerbang gereja hingga ke pintu masuk gereja. Pendeta dan Sintua/Pengetuai Gereja, anak sekolah minggu, remaja, pemuda/i dan anggota jemaat membawa daun palem pada tangan masing-masng. Hal ini untuk mengenang peristiwa masuknya Tuhan Yesus ke Yerusalem saat akan Paskah. Sebelum procesi jemaat belum boleh masuk gereja sampai selesai prosesi , baru jemaat boleh masuk gereja. Acara digereja dimulai dengan votum, pembacaan Hukum Tuhan, pengakuan dosa, epistel, pengkuan iman Kristiani, Kotbah dari Markus 14: 3-9 dan penutup.
  2. Kebaktian Kaum Perempuan. [Selasa 30 Maret 2010


  3. Berpuasa tidak memakan daging selama dua hari [Rabu dan Kamis 31 Maret- 1 April 2010].


  4. Kebaktian Jumat Agung [Jumat 2 April 2010, jam 8.30], merupakan Pesta Peringatan Hari Kematian Tuhan Yesus dan perjamuan Kudus. Disusul dengan Persenbahan Iman sebagai bentuk sukacita akan keselamatan yang telah diberikan Tuhan Yesus melalui Paskah. Evanggelium atau bahan kotbah Lukas 23: 26-32.


  5. Kebaktian Keluarga Malam Passion/Penderitaan [Sabtu 3 April 2010, malam hari], dimana orang tua, anak-anak dan anggota keluarga lain mengadakan kebaktian bersama dirumah masing-masing dengan panduan acara diberikan oleh gereja, antara lain renungan yang berisi 1 Petrus 2: 18-24, dengan penjelasan: Jika harus membalas, balaskanlah yang baik. Inilah sikap radikal etis dari Yesus dalam menghadapi berbagai kebencian dan perlawanan manusia kepada- Nya. Intinya: Seperti Yesus yang tidak membalas kejahatan kita dan selalu melakukan yang baik, demikian harusnya kita orang Kristen mengasihi Dia. Bahkan dikatakan: "Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikian kamu menjadi anak-anak Bapamu di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar". [Matius 5: 44-45]


  6. Kebaktian Paskah Subuh [Minggu 4 April 2010, jam 4.00 subuh] Dalam rangka memperingati kebangkitan Yesus , terutama para wanita bersama anak-anak sekolah minggu, remaja, pemuda/i bersama jemaat yang mendampingi anak-anak mengikuti acara kegiatan anak sekolah minggu: Panggung boneka dan drama; perlombaan mencari telor Paskah; dan perlombaan lari estafet telor dan kelereng. Bagi pemenang diberi hadiah. Setelah itu dilakukan acara Paskah Subuh yang dipimpin Bapak Pendeta dengan kotbah Lukas 24: 1-4.


  7. Kebaktian Paskah Pertama [ Minggu 4 April 2010, jam 9.30 ] Acara kebaktian digabung dengan Pesta Kebangkitan Kaum Perempuan, dimana acara pelaksanaan dan koor-koor yang menyanyi dilakukan oleh kaum perempuan. Evangelium atau bahan kotbah dari Yohanes 20: 1-10.



  8. Kebaktian Paskah ke II [Senin 5 April 2010, jam 19] Acara Kebaktian dibarengi penyajian lagu-lagu rohani oleh paduan-paduan suara yang ada pada gereja tersebut. Evangelium atau bahan kotbah dari Yohanes 20: 24-29. Dengan judul: Yesus menampakkan diri kepada Tomas. Dimana Tomas yang sebelumnya tidak percaya kebangkitan Yesus, setelah bertemu Yesus dan menunjukkan bekas luka di lambung-Nya; akhirnya Tomas percaya dan menjawab kepada Yesus: "Ya Tuhanku dan Allahku!" Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

Gambar 87 A: Thomas percaya bahwa Yesus telah bangkit atau hidup kembali dari kematian-Nya, setelah Tomas menccucukkan tangannya kearah lambung Yesus.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar