Kamis, 19 Maret 2009

SISTEM REPRODUKSI PRIA DAN WANITA




SISTEM REPRODUKSI PRIA DAN WANITA


SYSTEM REPRODUKSI WANITA

Terdiri dari:ovarium [kandung telor], tuba uterina [saluran sel telur], uterus [rahim,peranakan] dan vagina [jalan anak lahir]. Ovarium pada pertengahan datang haid mengeluarkan ovum kedalam rongga perut disebut ovulasi,kemudian dihisap masuk kedalam saluran sel telur terus kedalam rahim. Ovum kalau tidak dibuahi sperma akan mati dan keluar bersama darah mensis pada akhir siklus bulanan datang haid.



SITEM REPRODUKSI PRIA

Sistem reproduksi pria terdiri dari: testes[buah pelir], epididimis, vas deferens[saluran sperma atau mani], vesika seminalis [tempat penyimpanan sperma sementara], prostat, uretra [saluran kencing] dan penis;lihat Gambar 1.
Testes terletak dalam skrotum [kantong buah pelir] terdiri dari:tunika albuginea [dinding bagian luar testes], tubulus seminiferus, kaput epididimis, rete testes dan kauda epididimis.Tubulus seminiferus berupa saluran bergelung, dinding bagian dalam saluran itu adalah tempat pembentukan sperma [spermatogenesis].Setelah sperma terbentuk, kemudian sperma bergerak mengalir ke epididimis, terus ke vas deferens dan masuk ke vesika seminalis , disini disimpan sementara dan bercampur dengan semen [cairan sperma].Pada waktu hubungan pasangan suami istri saat orgasme, terjadi ejagulasi sperma dimana terjadi kontraksi prostate secara ritmis memompa semen berisi sperma ke duktus ejagulatorius , terus kesaluran kencing dan keluar melalui penis .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar