Kamis, 05 Maret 2009

PENGOBATAN AMBEIEN TANPA OPERASI









SELAMAT TAHUN KERBAU 2009
SEMOGA YANG INGIN PUNYA ANAK
DAPAT ANAK TAHUN INI; YANG SAKIT AMBEIEN SEMBUH PENYAKITNYA DAN MENDAPAT
KEBERUNTUNGAN LAIN.
TUHAN YANG MAHA KUASA MEMBERKATI.





PENGOBATAN AMBEIEN ATAU HEMORROID TANPA OPERASI.

PENDAHULUAN

Pengertian: Penyakit ambeien adalah penyakit dubur (anorectal) dengan pembuluh darah tertahan dan membengkak serta longgar, lepas selaput lendir atau kulitnya, longgar dan sering keluar dari lubang dubur (prolaps).Penyebabnya adalah kelemahan vena (pembuluh darah balik), akibat kelemahan vena dan tertahannya vena seperti pada wanita hamil ,sulit buang air besar (konstipasi),banyak duduk dan kurang bergerak atau olah raga dan infeksi;selain itu nampaknya ada factor bawaan atau predisposisi pada ambeien.
Kesukaran air besar,mengedan kotoran yang keras dan besar dapat menyebabkan retak(fissur) pada selaput lendir atau kulit dubur disertai luka mukosa dan vena disusul dengan infeksi, penyumbatan pembuluh darah balik atau varises dapat terjadi trombose;kadang disertai fistula (lubang kecil) diluar dubur, abses atau kanker.


Infeksi bisa disebabkan oleh disentri
amuba kronis,trikomoniasis, giardiasis;kadang disertai kuman koli,streptokokkus dan stapilokokkus (kuman bisul),pseudomonas, neisseria gonorea, bakteri anaerob [seperti bakteri fragilis] hubungan seks homoseks atau "sodomy", obat kuras perut yang kuat, kena sinar rontgen atau sinar radioaktif, dan kumbah perut dari dubur yang terlalu panas.


SITUASI


Penyakit ambeien atau hemorroid dapat terjadi pada anak-anak,dewasa dan lanjut usia.Sewaktu penulis masih anak-anak ,ada beberapa anak-anak kawan sekampung menderita ambeien setelah sakit disentri. Pada saat ini ambeien anak-anak sudah berkurang dengan semakin banyak obat anti biotik.Tetapi pergeseran kepada orang dewasa yang bekerja fisik, ke kerja banyak duduk atau kantoran dan kurang olah raga, makin banyak yang menderita ambeien; juga wanita semasa hamil dan setelah melahirkan masih banyak yang menderita ambeien.

MASALAH

Penyakit ambeien umumnya bersifat kronis atau menahun jika pengobatannya tidak tepat.Pasien yang datang berobat kepada penulis ,menceritakan sudah pernah berobat kepada dokter lain, tetapi sesudah diobati sembuh namun kambuh lagi.Ada pasien mengatakan ambeiennya susah sembuh dan harus dioperasi supaya sembuh. Pasien mau dioperasi dan ditanyakan berapa biayanya? Jawab dokternya uang operasi Rp 15 juta, belum termasuk rawat inap dan obat-obatan.Jika dihitung dengan uang US dollar waktu itu sekitar $2000, dan uang rawat inap dan obat-obatan hampir sama $2000. Jadi jumlah biaya sekitar $ 4000 , dengan kurs US$=Rp 11 500 sekarang ini ,maka jumlah biaya Rp 46 juta.

Jadi apa masalah penyakit ambeien?
Dari uraian diatas masalahnya adalah:
1.Penderitaan pasien karena sifat penyakinya kronis atau menahun.

2.Penyakitnya sembuh sementara, dan dapat kambuh lagi.

3.Jika tak mau kambuh harus dioperasi dengan biaya besar bagi sebagian besar masyarakat menengah bawah sangat berat.

4.Kemungkina komplikasi operasi ambeien adalah timbul borok bekas operasi, penyusutan lobang dubur, penyumbatan sebagian lobang dubur akibat parut luka [persistent ulceration, stricture, or stenosis of the anus].


Sumber:W.WAYNE BABCOCK,M.D. PRINCIPLES AND PRACTICE OF SURGERY. PHILADELPHIA USA, 1946, p 1124.











Gambar 1: Jenis lesi atau luka hemorroid pada lubang anus.



Diwarnai secara manual .
Sumber:Ralph C.Benson.1971,p 632.

Gejala utama untuk diagnosa dengan keluhan dan tanda sebagai berikut:


1.Rasa gatal (pruritus) dan sakit pada dubur..
2.Benjolan mukosa atau kulit dubur pada ambeien ringan.
3.Prolapsus atau keluarnya ujung usus pada ambeien yang berat.
4.Bisa terjadi perdarahan pada mukosa atau kulit sekitar anus atau dubur.

Untuk diagnosa dilakukan pemeriksaan kelainan lubang anus , touse [masukkan jari pakai sarung tangan karet kedalam dubur] dan proktoskopi [alat khusus untuk melihat lubang dubur dan rektum atau usus besar].

SOLUSI ATAU PEMECAHAN MASALAH
Bagaimana memecahkan masalah ambeien ?
Apa yang telah dilakukan untuk memecahkan masalah atau mengobatinya?

Apakah penulis mempunyai pengalaman mengobati ambeien tanpa operasi?

Ya,penulis mempunyai pengalaman menyembuhkan ambeien tanpa operasi sejak tahun 1980-han.

Dibawah ini akan diuraikan pengalaman penulis mengobati ambeien secara medis tanpa operasi [bukan cara tradisional].

Terapi ambeien atau hemorroid.

Terapi umum:

1.Untuk mengatasi sulit buang air besar dengan makanan banyak serat,berupa sayur dan buah-
buahan ,dilarang makanan pedas selama terapi berjalan,kalau tak berhasil ,maka diberi obat
laksatif misalnya larutan paraffin liquidum,atau tablet dulcolax 10 mg.
2.Obat gatal dan rasa sakit pada anus diberi salep berisi anti gatal dan antibiotik misalnya salep
terracortril, antihistamin seperti tablet chlortrimeton (CTM), avil, juga dapat diberikan anusol
suppositoria dimasukkan kedalam lubang dubur.
3.Bila terjadi prolapsus ujung usus keluar dubur, dapat didorong dengan jari pakai sarung
tangan, atau pakai tangan dengan minyak pelicin,hal ini harus segara dilakukan untuk
mencegah terjepitnya ambeien dengan akibat menjadi borok atau membusuk.
4.Dibatasi makanan yang pedas untuk mencegah kambuh setelah sembuh.

Terapi khusus untuk ambeien:

1.Dari studi kepustakaan mengenai ambeien atau hemorroid , nampaknya [it seems] bahwa ambeien adalah akibat multi-infeksi secara kronis,yang pada akhirnya menyebabkan kelainan pada vena atau pembuluh darah balik ano-rektal [sekitar lubang dubur], dan juga pada selaput lendir dubur.
Oleh sebab itu perlu diberikan pengobatan anti multi-infeksi dan obat-obatan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi :
Obat antibakterial“broadspectrum”antibiotik untuk orang dewasa seperti kapsul oksitetrasiklin, 250 mg 3 kali sehari 2 kapsul selama 5 hari; atau kap doxycycline 100 mg 2 x sehari satu kapsul selama 7 hari ; atau tab. spiramysin 500 mg 3 x sehari 2 tablet selama 5 hari. Untuk anak-anak disesuaikan dengan umur dan berat badan.
2.Obat anti amuba,trikomoniasis, bakteri anaerob dan giardiasis , untuk orang dewasa seperti tablet tinidazol 500 mg/tablet , sekali sehari 4 tablet selama 3 hari atau
tablet metronidazol 500 mg/tablet , sekali sehari 4 tablet selama 3 hari..
3.Pemberian tablet vitamin K 5 mg jika terjadi perdarahan sekali sehari sampai berhenti perdarahan, tab vitamin C 500 mg 2 x sehari satu tablet, tab vit A 20 000 unit 2 x sehari 1 tablet dan tab vit E 100 mg 1 x sehari jika sudah terjadi perdarahan atau dan prolapsus,maksud pemberian vitamin tersebut adalah
untuk perbaikan mukosa,jaringan ikat dan pembuluh darah sehingga kembali lengket ke otot polos anus
dan rektum. Disamping itu diberi vitamin B-komplek mencegah efek samping anti-infeksi,atau antibiotik.

Hasil pengobatan dari laporan pasien biasanya dalam waktu seminggu ambeien sudah berkurang dan sembuh dalam sebulan,selama ini belum ada yang gagal diobati, tetapi ada yang kambuh setelah 6 bulan sembuh; alasannya kambuh setelah makan makanan yang sangat pedas.Oleh sebab itu terapi diulangi lagi seperti diatas dan hasilnya jadi sembuh sampai sekarang, diberi nasehat dibatasi makanan yang pedas agar jangan kambuh lagi, tidak dilarang cabe tetapi pedas sedikit boleh setelah sembuh kalau rindu sedikit pedas; hal ini dari pengalaman pasien lain.
EVALUASI
Dengan sembuhnya penyakit ambeien dengan cara diatas, maka masalah penderitaan akibat penyakit tersebut menjadi kenangan masa lalu;tidak usah khawatir kambuh asal jangan makanan pedas.
Selanjutnya dengan sembuhnya ambeien tanpa operasi sangat menolong keluarga, tidak mengeluarkan biaya puluhan juta untuk operasi, sebab perkiraan penulis biaya pengobatan dengan cara diatas kurang dari
setengah juta rupiah.
Komplikasi operasi ambeien disebabkan bekas operasi sulit sembuh karena kena kotoran yang banyak mengandung kuman.
Informasi tentang kotoran atau feses manusia dewasa beratnya sekitar 110-170 gr, berisi zat padat 25-45 gram dan sekitar sepertiganya 8-15 gr terdiri dari bermiliard jumlah dan berbagai macam kuman antara lain:esecherichia coli, bacteri lactis aeroginoses, clostridium welchi, bakteri bifidus,stapilococcus, stretococcus dan lain lain,
Tiga bakteri pertama adalah penyebab pembentukan gas bau busuk dari perut.
Kuman tersebut dalam keadaan normal jarang membuat infeksi, tetapi jika ada luka maka dapat menyebabkan infeksi susah sembuh bahkan pembusukan.
Mohon perhatian pada akhir penulisan.
1.Kepada para Teman Sejawat dokter dan paramedis, jika ada pasien ambeien, mohon dicoba diobati dengan cara dalam tulisan ini dan hasilnya diberi umpan balik [feedback] kepada penulis dengan alamat Email:
Jika ada cara lain terapi ambeien pengalaman TS , mohon penulis diberi tahukan agar diterbitkakan bersama tulisan ini dengan menyebutkan sumbernya.
2.Kepada masyarakat yang membaca tulisan ini, dimohon dapat menolong keluarga atau teman/tetangga yang menderita ambeien, memberi informasi bahwa ada cara pengobatan secara medis tanpa operasi,kalau perlu dengan mencetak tulisan ini sebagai bukti informasi.Untuk pelaksanaan pengobatan harap berkonsultasi dengan petugas kesehatan berwenang di tempat anda, sebab ada obat daftar G obat keras dengan resep dokter.
Semoga cepat sembuh ,Tuhan memberkati kita sekalian.
Terima kasih kepada masyarakat pembaca tulisan ini semoga bermanfaat.
Juga terima kasih dan penghargaan kepada Google.com yang mempubliser tulisan ini.
========================================================



2 komentar:

  1. bapak aku mau tanya penyakit ini kalo melakukan operasi bagi yg terkena laki laki dapat menimbulakn kemandulan ga

    BalasHapus
  2. aku mohon bantuan anda trimaksih tolong kirim info ke alamat email saya ya sekalin konsultasi chocobokuning@gmail.com

    BalasHapus