Senin, 15 April 2013

KESAKSIAN PERTOLONGAN TUHAN


-->



KESAKSIAN PERTOLONGAN TUHAN KEPADA SAYA.

Pada bulan Februari 2013 yang lalu Pendeta DR Dewi Sri Boru Sinaga menganjurkan pada Sermon atau Penelaahan Alkitab Lanjut Usia  [LANSIA] untuk menyajikan secara lisan kesaksian pertolongan Tuhan dalam hidup anggota LANSIA gereja Huria Kristen Batak Protestan [HKBP] Sudirman Jakarta. Pada akhir Maret 2013 setelah penyajian tersebut, pendeta tersebut menganjurkan kami menulis kesaksian tersebut untuk dibukukan dan sesudah itu akan disajikan kepada generasi muda gereja. Diharapkan kesaksian tersebut bermanfaat untuk generasi muda gereja. Tulisan dibawah ini adalah Kesaksian tertulis saya untuk dibukukan sebagai dokumen gereja.

1.  I.  MASA HIDUP PALING SULIT DAN KRITIS TAHUN  1958-1959. 
.
 Pada tanggal 25 Februari 1958, Proklamasi Pemerintahan Revolusioner Indonesia [ PRRI] di Sumatera termasuk Sumatera Utara. Terjadilah pemberontakan dan pertempuran militer yang meluas antara pasukan Pemerintah Pusat dan PRRI, sehingga putus hubungan dengan orang tua di Tapanuli dan tidak mendapat uang kiriman dari orang tua selama lebih tiga tahun. Pada waktu itu saya dan abang O.H.Panjaitan mahasiswa  fakultas kedokteran tinggal di asrama mahasiswa Padangbulan Medan. Akibat masa perang, maka semua pembantu pekerja asrama berhenti karena tidak mendapat gaji. Selanjutnya saya dan abang bertahan hidup dengan belanja bahan makanan di pasar dan masak sendiri untuk makan, dan cuci sendiri pakaian, jarang makan di restoran, karena keterbatasan uang. Pada hal saya harus mengikuti kegiatan sebagai berikut:

1.    Mengikuti kuliah pagi sampai siang hari tahun 1958-1959 di tingkat dua dan tiga Fakultas Kedokteran [ Faked] U.S.U. pada  hari Senin-Jumat. Kuliah Anatomy  [Ilmu Urai Manusia], Physiology [ Ilmu FAAL], dan Biochemistry [ Biokimia] dalam bahasa Inggris. Histology [ Ilmu Urai Jaringan dan sel tubuh], Ilmu Penyakit Umum dan Ilmu Khasiat obat dalam bahasa Indonesia.
2.    Praktek ilmu Anatomy bedah mayat dan Histology pada sore hari  sekali seminggu. Praktek percobaan Physiology sore hari sekali seminggu.
3.    Asisten Fisika Fakultas Kedokteran U.S.U. Medan, mengawasi mahasiswa tingkat satu praktek fisika sore hari dan memeriksa jurnal hasil percobaan praktek sekali seminggu.
4.    Asisten Fisika Fakultas Pertanian U.S.U. Medan sore hari sekali seminggu, mengawasi dan memeriksa jurnal hasil percobaan fisika tersebut.
5.    Mengajar Fisika atau Ilmu Pengetahuan Alam [ IPA] pada kelas tiga S.M.A. Negeri Dua Medan pada pagi hari sekali seminggu.
6.    Memberi less atau mengajar privat ilmu Fisika/ IPA persiapan ujian akhir kelas tiga SMA pada sore hari sekali seminggu.
Saya merasa pertolongan dan kasih Tuhan Yang Mahakuasa, melalui Prof. Steinmetz mengangkat saya menjadi asisten fisika [ IPA] setelah saya lulus tingkat pertama dan Bapak C.M.Sinorangkir direktur SMA Negeri II Medan mengangkat saya menjadi guru SMA II Medan. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Prof Steinmetz dan Bapak C.M.Simorangkir. Abang saya O.H.Panjaitan juga mahasiswa Fakultas Kedokteran tersebut dan mengajar di SMA Kristen Padangbulan Medan.





keristua;@santoso karo-karo;@sinurat parulian;@suzana sinaga;@setianna;@salomo panjaitan@raymond marpaung;@tulus adalama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar