Kamis, 16 Juli 2009

BATU GINJAL: TERAPI TANPA OPERASI DAN OPERASI

PENGOBATAN BATU GINJAL DAN PILIHANNYA:


· Pengobatan batu ginjal dengan mudah dan murah
· Pengobatan medikasi konservatif.
· Pengobatan dengan tindakan operasi batu ginjal.


Dibawah ini akan diuraikan lebih lanjut sesuai judul: Pengobatan batu ginjal dengan mudah dan murah.terdiri dari:
1. Pengobatan bersifat umum penunjang
2. Pengobatan khusus melarutkan atau menghancurkan batu ginjal
3. Pengobatan diet bersifat alkali atau asam
4. Pengobatan serangan sakit kolik batu ginjal.


Pengobatan bersifat umum dengan minum air lebih banyak dari biasa sekitar 2, 5-3 liter sehari agar banyak kencing untuk melarutkan batu dan kristalnya. Membatasi makanan minuman dan obat yang banyak mengadung zat yang membentuk batu seperti kapur oksalat yang banyak terdapat dalam bayam, tomat, asparagus, kol [kubis], slada dan buah anggur; asam urat banyak terdapat pada jeroan dan emping; obat mengadung zat kapur seperti kalsium [kapur laktat], obat vitamin C 1000 mg dengan calcium [kapur] karbonat berbuih [efferfessent] dapat berubah jadi batu kapur oksalat

Pengobatan khusus untuk melarutkan batu ginjal: Kata kunci pengobatan adalah obat tablet bikarbonas natrikus 500 mg/tablet dengan rumus NaHCO3 dan diet makanan bersifat alkali atau asam [base-acid forming foods] targantung jenis batunya. Obat bikarbonas natrikus dapat diganti dengan tepung pengembang kue atau soda kue [baking soda, baking powder or cooking soda].
Dosis bikarbonas natrikus 500 mg/tablet 2-3 kali 3 gram sehari. Untuk berat badan dewasa dibawah 60 kg 2 kali 3 gr sehari dan berat badan diatas 60 kg 3 kali 3 gr sehari.2jam setelah makan [bicarbonas.natricus juga obat antasida untuk sakit lambung]
Soda kue [baking soda] satu sendok teh [5 ml] tepung dilarutkan dalam satu gelas air [225 ml] .Untuk berat badan kurang dari 60 kg 2 kali sehari satu gelas larutan soda kue 2 jam setelah makan; untuk berat badan diatas 60 kg 3 kali sehari satu gelas larutan soda kue tersebut.Untuk usia lanjut diatas 65 tahun setengah dosis diatas.

Pengobatan dengan diet makanan bersifat basa [alkali] atau asam. Makanan sayuran dan buah dalam pembakaran atau pertukaran zat dalam tubuh akan tersisa abunya bersifat basa atau alkali seperti natrium, kalium, kalsium dan magnesium; sedangkan makanan sereal seperti nasi dan terigu, daging dan ikan sisa abu bakarannya bersifat asam seperti asam mengandung unsur klor, belerang [sulfur] dan posfat. Makanan tersebut masing-masing dinamakan “base-forming foods” [makanan bersifat alkali atau basa] dan “acid- forming foods” [makanan bersifat asam].
Zat aktif penghancur batu dari makanan bersifat alkali adalah natrium dan kalium dalam urine [air kencing] , dan zat aktif bikarbonas natikus adalah natrium [Na]. Sifat natrium dan kalium [K]adalah alkali kuat, mudah larut dalam air dan dapat mengusir atau melarutkan alkali lemah dalam urine yang encer karena banyak minum seperti zat kapur, magnesium dan ammonium dari batu ginjal seperti batu kalsium[kapur] oksalat, asam urat, garam urat dan kapur posfat yang terbentuk pada urine bersifat asam, sehingga batu ginjal berupa kristal, pasir dan kerikil kecil akan larut [hancur], dan batu yang lebih besar sebagian larut dan mengecil.
Pada batu yang terbentuk pada urine bersifat alkali seperti batu kapur karbonat, magnesium ammonium posfat dan ammonium urat zat aktif penglarut/penghancur batu adalah unsur natrium[Na], klor [Cl], sulfat [S] dari “Acid-forming foods”. Klor dan sulfat adalah asam kuat bersama Na dapat melarutkan batu tersebut. Batu yang sudah mengecil kurang dari 10 mm akan bisa keluar melalui urine. Keberhasilan pengobatan dipermudah dengan memberikan obat anti-spasmodik [kejang] otot polos saluran kencing seperti Buscopan 10 mg/tablet sekali sehari , atau papaverin 40 mg/tablet sekali sehari atau diazepam 2mg/tablet sekali sehari. Obat anti-spasmodik adalah obat keras dengan resep dokter.

Pengalaman pengobatan batu dengan ukuran 10 mm-15 mm dapat sembuh dalam waktu seminggu sampai sebulan, ukuran 15 mm-25 mm dapat sembuh dalam 1-3 bulan; ukuran diatas 25 mm belum ada kasus yang diobati, mungkin bisa sembuh dalam waktu 3-6 bulan. Selama pengobatan, urine ditampung dalam pot atau urinal untuk melihat bukti keluarnya batu. Untuk mencek sudah sembuh, diperiksa kembali urine di laboratorium dan foto x-ray. Pengalaman selama pengobatan tidak ditemukan komplikasi obat.



Kepada para pembaca,keluarga atau teman yang menderita sakit batu ginjal dengan gejala tersebut diatas,untuk pengobatannya boleh berkonsultasi dengan petugas kesehatan setempat dengan cara dalam tulisan ini termasuk resep anti spasmodik seperti diatas.

Kepada mereka yang menderita batu ginjal tanpa rasa sakit dan urine bersifat asam, boleh mencoba sendiri pengobatannya dengan tablet bikarbonas atau soda kue dengan dosis ukuran seperti diuraikan diatas;dibarengi makanan yang bersifat basa atau alkali seperti: sayur buncis,lobak,talas, buah ara,kismis,tetes gula,gula merah,keripik kentang,susu skim,teh dan kopi. Dianjurkan satu macam sayur dan satu macam buah,teh atau kopi [secangkir] 3 kali sehari menurut ukuran biasa.



Selamat mencoba.Hasil pengobatannya harap umpan balik kepada

e-mail :sahalataylor@gmail.com

Semoga cepat sembuh.



Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati dan melindungi kita semuanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar