Minggu, 12 Juli 2009

GEJALA, TANDA DAN DIAGNOSA BATU GINJAL

GEJALA DAN TANDA-TANDANYA.

Tergantung besar, bentuk dan lokasi batu.,batu kecil sebesar pasir dan krikil sampai ukuran 5 mm biasanya tidak ada gejala dan batu bisa keluar spontan. Ukuran 5 mm dan kurang dari 10 mm masih bisa keluar dengan bantuan obat.Batu dengan ukuran lebih dari 10 mm tidak dapat keluar spontan.
Batu jika berubah tempat atau turun dapat terasa sakit didaerah pinggang, rasa sakit bertambah bila dipukul pelan daerah pinggang, melompat-lompat atau memutar pinggang ke kiri dan kanan secara sentakan [jolt]. Kadang-kadang terjadi serangan sakit kolik ginjal berupa sakit hebat tiba-tiba didaerah pinggang, menjalar ke perut bagian bawah dan ke lipatan paha, disertai rasa mau muntah , muntah keringat dingin , pucat dan dapat pingsan [shock]. Dapat terjadi kencing darah .

PEMERIKSAAN UNTUK DIAGNOSA.

Pemeriksaan urine di laboratoriun untuk mengetahui jenis sediment kristal batu, keasaman, butir-butir darah dan bakteri. Keasaman ditentukan dengan indicator kertas litmus [lakmus];dengan urine asam kertas litmus menjadi merah; air netral jadi abu-abu dan dengan urine alkali [basa] litmus menjadi biru. Sediment, butir-butir darah dan kuman penyakit dilihat dibawah mikroskop.


Foto x-ray atau Rongent daerah pinggang atau gambar ultra sonic [USG] untuk menentukan besar, jumlah dan letak batu.

Subtopik selanjutnya:PENGOBATAN BATU GINJAL DAN PILIHANNYA

1 komentar: