Rabu, 08 Juli 2009

PENGOBATAN BATU GINJAL MUDAH DAN MURAH

PENGOBATAN BATU GINJAL DENGAN MUDAH DAN MURAH

Batu ginjal adalah terbentuknya benda keras berupa batu dari zat –zat yang ada dalam urine [air kencing] Batu ginjal terdiri dari berbagai ukuran dan bentuk dan lokasi dalam saluran urine.Bentuk mulai yang terkecil berupa krital, sebesar pasir, kerikil, guli dan yang lebih besar lagi. Umumnya batu saluran kencing terbentuk di ginjal dan kemudian turun kesaluran kecing, kandung kemi dan keluar tubuh. Batu ginjal terjadi pada sekitar satu persen penduduk; penderita pria lebih banyak dari wanita sekitar 3 banding satu.

Penulis mengobati batu ginjal sejak tahun 1968, lebih 40 tahun yang lalu.
Kenapa judul pengobatannya mudah dan murah?
Kunci pengobatannya adalah banyak minum air, obat tablet bikarbonas natrikus, dengan sumber:Henry Brainerd, M.D. Current Diagnosis and Treatment, California, USA, 1962, p 662.

Bicarbonas natricus dapat diganti dengan bahan yang digunakan di masyarakat sebagai soda kue [baking soda, baking powder], atau tepung pengembang kue [ cooking soda], disertai diet makanan yang disesuikan dengan jenis batu ginjal penderita. Makanan tersebut adalah makanan yang biasa kita makan sehari-hari dan akan diberi daftar makanan yang baik untuk dimakan dan makanan yang harus dihindari.
Jadi judul mudah dan murah, dapat dengan pertolongan resep dokter, atau dapat juga dibeli obat bebas bicarbonas natrikus atau soda kue dengan harga murah, kebutuhan soda kue sebulan untuk batu sedang ukuran 1 cm-1, 5 cm sampai sembuh diperkirakan satu pon atau 450 gram dengan harga sekitar Rp 20 000,-, [di Super Market Gelael Jakarta], untuk ukuran batu 1, 5 cm- 2, 5 cm dibutuhkan waktu sekitar 1-3 bulan, dengan kebutuhan
biaya 3 bulan Rp 60 000, -Pengobatan dengan tablet bikarbonas natrikus sekitar 2-3 kali lipat biaya soda kue atau Rp 40 000- 60 000, - sebulan. Untuk 3 bulan Rp 120 000-180 000,-Obat ini termasuk obat bebas dapat dibeli di apotik atau toko obat.
Apakah biaya ini murah? Ya!!!Apakah mudah? YA!!!
Setelah penulis mengungkapkan kata kunci pengobatannya.

Pengobatan batu ginjal dengan biaya operasi sekitar Rp 20-40 juta, tergantung jenis operasinya,;.belum termasuk obat dan biaya rumah sakit, namun masih disertai kemungkinan terjadi komplikasi. Biaya ini termasuk mahal bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

APA MASALAH BATU GINJAL DALAM PENULISAN INI?



Apa penyebab batu ginjal? Apa gejala dan tanda tandanya? Pemeriksaan apa yang diperlukan untuk diagnosa? Bagaimana cara pengobatannya dan ukurannya?

ETIOLOGI ATAU PENYEBAB BATU GINJAL



• Banyak makan dan minum mengandung zat-zat yang susah larut dalam air seperti beberapa sayuran yang banyak mengandung zat kapur, oksalat, posfat, obat berbuih [effervessen] vitamin C dan zat kapur tinggi .
• Kurang minum air mengakibatkan larutan zat tersebut menjadi jenuh kemudian berubah jadi kristal dan batu
• Inti terbentuknya batu berupa sel-sel ginjal yang ganti atau rusak akibat kurang vitamin A, darah beku akibat perdarahan akibat batu yang kasar, gugus bakteri akibat infeksi, menjadi kerangka terbentuknya batu.
• Keasaman atau basa [alkali] urine menentukan terbentuknya batu, misalnya pada urine asam terbentuk batu kapur oksalat, asam urat, pada urine netral batu kapur posfat, pada urine alkali terbentuk batu magnesium ammoniak posfat.

Tulisan selanjutnya: GEJALA DAN DIAGNOSA BATU GINJAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar