Jumat, 02 Maret 2012

DIAGRAM TAROMBO PANJAITAN GENERASI AWAL


DIAGRAM TAROMBO PANJAITAN ATAU TAYLOR GENERASI AWAL

PENDAHULUAN.
TAROMBO atau Silsilah menurut kamus bahasa Indonesia oleh Prof Dr J.S.Badudu dan Prof Sutan Muhammat Zain, adalah sejarah keturunan,daftar asal usul seseorang di daftar keturunan.
Menelusuri silsilah atau TAROMBO adalah menelusuri asal usul seseorang di daftar keturunan nenek moyangnya. TAROMBO Batak bersifat patriachat atau menurut garis keturunan bapa dan anak laki-laki.
Dalam bahasa Inggris [English] adalah Genealogy; The book of the generation of… [St Matthew 1:1].
Marga Panjaitan adalah salah satu marga dari ratusan marga-marga suku BATAK. Suku Batak adalah suku utama yang mempunyai TAROMBO atau silsilah di Indonesia. Setiap orang suku Batak mempunyai nama [first name] dan marga [second name or family name]. Adanya orang-orang yang mempunyai marga yang sama,berarti mereka berasal dari satu keturunan nenek moyang. Pada umumnya orang Batak mempunyai kewajiban untuk mengetahui asal usulnya dalam tarombo Batak. Adalah hukum dan adat suku Batak bahwa dilarang atau tabu perkawinan antara sesama dalam satu marga.
TUJUAN PENULISAN:
Tujuan penulisan ini menyajikan TAROMBO MARGA PANJAITAN dalam bentuk diagram atau “Flow chart” memudahkan marga Panjaitan dan para pembaca menelusuri antar generasi dan kaitan posisi abang atau adik di satu generasi ,”Among” atau Bapak, “ompung” atau Kakek pada antar generasi terutama turunan marga PANJAITAN,termasuk TAROMBO penulis.
Urutan generasi atau SUNDUT bisa disusun vertikal atau horizontal,banyak penulis menyusun secara vertical, tetapi mengalami kesulitan bila ada beberapa orang anak seseorang .Tetapi penulis menyusun SUNDUT secara horizontal,nampaknya memuat lebih banyak nama dalam satu SUNDUT, jika ada beberapa orang anak seseorang dalam diagram tersebut,maka lebih mudah menyusun dan melihat kaitan antar SUNDUT.
MAKSUD PENULISAN:
1.Bertahap ,dimulai generasi awal “ SUNDUT” pertama RAJA PANJAITAN sampai generasi kelima, kemudian generasi selanjutnya menurut data yang tersedia secara bertahap,sebagai contoh TAROMBO penulis.
2.Berusaha menyajikan asal usul tempat ,kampung atau HUTA dan tokoh yang berasal dari satu keturunan nenek moyang ,yang mana biasanya mereka mempunyai dokumenTAROMBO PANJAITAN dan cerita yang menarik dari beberapa nenek moyang terdahulu, dapat memudahkan penelusuran TAROMBO seseorang melalui dokumen tersebut.
3. Dengan mengetahui TAROMBO ,agar orang Batak dalam hal ini MARGA PANJAITAN mematuhi peraturan dan ketentuan Adat Batak bahwa PERKAWINAN SESAMA SEMARGA DILARANG ATAU TABU. Disamping itu MARGA PANJAITAN mempunyai perjanjian atau “PADAN” dengan marga SINAMBELA,SIMANULLANG,SIBUEA DAN DAIRI .
TAROMBO GENERASI AWAL-FAMILY TREE RAJA PANJAITAN DALAM DIAGRAM.
GENERASI I
GEN.II
GEN.III
GEN.IV
GEN.V
I….1
MARTIBI
I
RAJA
I
I…1
PUNSITATING
I..2
RAJA-----à
I…2
PUNSULANGON
RAJA-----à
RAJA ------à
I
DOGOR
I…3
SI AMPORIK
PANJAITAN
1
SITUNGO
I
br SIREGAR
I…4
PAMBAROBO
br HASIBUAN
NAIBORNGIN
I
i…1
TAHI SUMODUNG
br HASIBUAN
I..3
RAJA---->
…1
RAJA SIJORAT--------------à
R.SIJORAT II
I
SIPONOT
PARALIMAN
I…2
RAJA NAGANI
I
br HUTAPEA
br SITORUS
I…3
PUNTUA RAJA
I
br BUTAR
I…4
SOPABOAON
I
I…5
PUBOTUL
I
I…6
PUNIHAJURUAN
I
br SIAGIAN
I…7
PANGGIANG
I
I…8
PULANGGUN
I
I…9
PUGOLUAN
I
I..10
RAJA INDANGON
I
br PANGGABEAN
I..11
OMPU BINDU
I
SIMORANGKIR
I..12
OMPU SAMUANA
I…4
RAJA
SIJANGGUT
I..A
RAJA
SIBUEA
I..B
RAJA
SINAMBELA
I..C
RAJA SI
MANULLANG
I..D
DAIRI SIBAGOT
GEN. II
GEN. III GEN IV GEN V


CATATAN: ISTRI RAJA SIJORAT PARALIMAN EMPAT YAITU:  1. BORU SITORUS MELAHIRKAN ANAK TAHI SUMODUNG; 2.BORU BUTAR MELAHIRKAN  ANAK NO.2- 4 YAITU: RAJA NAGANI, PUNTUARAJA, DAN SOPABOAON; 3.BORU SIAGIAN MELAHIRKAN 6  ANAK No 6-10: PUBOTUL, PUNIHAJURUAN, PANGGIANG, PULANGGUN, PUGOLUAN, RAJA INDANGON; 4.BORU HASIBUAN PANGGABEAN SIMORANGKIR  MELAHIRKAN 2 ANAK YAITU PUBINDU DAN OMPU SAMUANA.                                       
PUNIHAJURUAN ADALAH NENEK MOYANG SAYA.


Sumber: Lembaran TAROMBO dari 1.Bonifasius Panjaitan /br Sitorus alias Ompu Sangapan ,
orang tua penulis, 2. Guru Adonia Panjaitan /br Sitorus alias Ompu si Bangar,
orang tua Ir Gustav Panjaitan /br Naipospos Hutauruk yang sekarang tinggal di Pondok Indah Jakarta Selatan, 3. Sabar Chris /br Sitompul tinggal di Lapangan Batak Setiabudi Jakarta Selatan.4.Dokumen TAROMBO PANJAITAN dari Drs Luat Tua Panjaitan M.Min/Farida S.br Siahaan,Jl. Saridele No 2 Komp.Kimia Farma I Duren Sawit Jakarta Timur. 5.PANITIA TUGU RAJA PANJAITAN:RIWAYAT NI RAJA PANJAITAN-PUTERA BATAK,Medan,Onan Raja Balige 19 Agustus 1971.
I..1
MARTIBI [DATA BELUM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar