Sabtu, 31 Oktober 2009

PERANAN GIZI [NUTRISI] UNTUK PENINGKATAN KESEHATAN

PERANAN GIZI UNTUK MENINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN

PENDAHULUAN.
Ciri manusia yang hidup ditandai oleh badan yang masih hangat dan dapat bergerak.Jika badan manusia sudah dingin dan tidak dapat bergerak merupakan tanda kematian. Manusia makan dan minum menghasilkan energi atau tenaga untuk menghangatkan badan dan untuk dapat bergerak.
Proses terjadinya oksidasi atau pembakaran zat makanan dalan tubuh menghasilkan energi disebut katabolisme; energi dari katabolisme sebagian digunakan untuk pertumbuhan dan pembentukan jaringan tubuh disebut anabolisme. Kedua proses katabolisme dan anabolisme berjalan berbarengan dan kedua proses tersebut disebut metabolisme, merupakan keseluruhan reaksi kimia dalam tubuh untuk bertahan hidup..
Sejauh mana pentingnya gizi untuk hidup manusia ?

Jawabannya dapat diambil dari rumusan matematika hidup dibawah ini:
1.Manusia+air+gizi+harta benda-oksigen=mati kurang dari sejam.
2.Manusia+oksiben+gizi+harta benda-air=mati beberapa hari.
3.Manusia+oksigen+air+harta benda-gizi=mati beberapa minggu.
4.Manusia+oksigen+air+gizi-harta benda=hidup sederhana.

Dari rumusan diatas urutan tertingi untuk dapat hidup adalah Oksigen, Air, Gizi dan Harta benda.
Oksigen didunia masih melimpah; air mencukupi tetapi masih perlu pengolahan untuk hidup sehat; gizi makin terbatas dan perlu waktu, dana dan fasilitas untuk produksi dan distribusi; dan harta benda perannya relative untuk meningkatkan kualitas hidup dan mobilitas hidup.

SITUASI .
Pada zaman dulu sampai pertengahan abad ke-20 urutan penyakit dan penyebab kematian adalah penyakit infeksi dan kardiovaskuler [jantung dan pembuluh darah], serebrovaskulaer [otak dan pembuluh darah, kecelakaan, dan kanker [neoplasma ganas].
Pada akhir abad ke-20 sampai sekarang urutannya adalah: penyakit kardiovaskuler, kanker, serebrovaskuler, kecelakaa dan penyakit infeksi.
Tren atau kecendrungan dunia modern kesehatan dan kedokteran belakangan ini, dengan majunya ilmu bakteriologi dan immunisasi maka penyakit infeksi akibat kuman penyakit sudah sangat berkurang. Pada saat ini tingkat penyakit dan kematian didominasi atau diungguli oleh penyakit degeneratif yang disebabkan oleh proses fisiologi [faal] dan biologi dalam tubuh yang kurang berjalan normal sehingga terjadi penyimpangan yang mengakibatkan timbulnya penyakit, bukan disebabkan oleh kuman penyakit. Penyakit degeratif tersebut antara lain penyakit jantung dan pembuluh darah [cardiovascular], kanker, otak dan syaraf, kekurangan atau kelebihan gizi, penakit kelainan metabolisme seperti penyakit gula [diabetes], asam urat dan lain-lain.

RUMUSAN MASALAH

Apakah masalah gizi untuk kesehatan?
Masalah gizi dapat dirumuskan dengan menjawab pertanyaan dibawah ini?
1. Apa zat-zat pokok pada komposisi gizi?
2. Apa effek gizi untuk peniningkatan [promosi], pencegahan [prefentif], dan pengobatan [kuratif] bidang kesehatan ?
3. .Apa jenis dan berapa jumlah kandungan gizi untuk peningkatan, pencegahan dan pengobatan kesehatan ?

PEMECAHAN MASALAH.[berlanjut].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar