Kamis, 29 April 2010

TEMPAT SUCI KRISTEN DI KOTA TUA JERUSALEM







TEMPAT SUCI KRISTEN DI KOTA TUA DAN DEKAT TEMBOK YERUSALEM



1. Basilika Dormiton :



Di Bukit Sion terletak Biara/Abbey Dormiton yang dikuduskan sebagai tempat kematian Maria [Ibunda Yesus], dan Coenaculum tradisional atau Cenacle, serta Aula Perjamuan Terakhir.










Gambar 21: Basilika Dormiton



Di bawah Cenacle adalah apa yang dikenal sebagai "Balai Pencucian Kaki" dimana Yesus mencuci kaka para murid-murid-Nya.



Gambar 21 A: Makam Raja Daud




Masuk dari suatu lorong dari Balai Pencucian Kaki didapati ruang dengan tugu peringatan untuk orang yg dikubur di tempat lain yang sangat besar, yang menurut cerita rakyat adalah Makam Raja Daud.
















2. Aula/Hall Perjamuan Terakhir:








Pada hari pertama dari hari Raya Roti Tidak Beragi datanglah muridnya dan berkata:"Di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?" Jawab Yesus: "Pergilah ke kota kepada si Anu dan katakan kepadanya: Pesan Guru: waktu-Ku hampir tiba;di dalam rumahmulah Aku mau merayakan Paskah bersama-sama dengan murid-murid-Ku."








Pergilah dia akan memberitahukan Anda sebuah ruangan atas yang besar dilengkapi dan disusun, anda siapkanlah untuk kita".








Setelah hari malam, Yesus duduk makan bersama-sama para murid-Nya di meja Seder Paskah [Mat 26: 17-25; Markus 14: 12-16.; Lukas 22: 7-13, Yohanes 13: 21-30].







Gambar 22: Perjamuan Terakhir oleh Leonardo da Vinci ,1452-1509








Perjamuan Kudus pertama di Ruang Perjamuan Terakhir: "Dan ketika mereka makan, Yesus mengambil roti, dipecah dan diberkati, dan memberikannya kepada para murid, dan berkata: Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku.





Dan dia mengambil cawan, dan mengucap syukur, dan memberikannya kepada mereka, dan berkata: Minumanlah, kamu semua,dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku,darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa". [Mat 26: 26 -28; Markus 14: 22-25; Lukas 22: 15-20; Aku Chorinthians 11: 23-25].












Gambar 23: Perjamuan terakhir dengan bak cuci untuk mencuci kaki para murid Yesus ,oleh Jacopo Bassano.







3. Aula /Hall Pencucian Kaki: Di bawah Aula Perjamuan Terakhir, dimana Yesus diyakini telah menuangkan "air ke dalam baskom, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya '"




Yohanes [13: 5].











4. Gereja Santo Petrus di Gallicantu: Gereja ini secara umum diterima berdiri sebagai Rumah Kayafas, Imam Besar pada saat Yesus diadili/Eksekusi. Disini Petrus dikatakan telah menyangkal Gurunya, sesuai dengan nubuatan Yesus bahwa: "Sebelum ayam berkokok pada hari ini, engkau telah tiga kali menyangkal Aku ". Dan Petrus pergi keluar, dan menangis dengan sedihnya [Lukas 22: 61-62; Mat.26:57-58; Mark. 14: 53-54; Yoh. 18: 25-27].







Gambar 24: Gereja Santo Petrus Gallicantu ["Gereja Ayam Jantan Berkokok"]
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar